Kamis, 28 Juli 2016

Cara Jitu Mengobati Penyakit Eksim Kering Atau Gatal di Kulit

Cara Jitu Mengobati Penyakit Eksim Kering Atau Gatal di Kulit, Eksim adalah salah satu jenis penyakit kulit yang tampak menjijikkan. Bagian kulit yang terkena eksima akan terasa sangat gatal dan panas di kulit.

Menurut prediksi dari beberapa para ahli mengungkapkan bahwa penyakit kulit ini memiliki hubungan erat dengan sistem kekebalan tubuh (Imunitas) berlebih.
Selain itu, beberapa sumber juga menyebutkan jika penyakit ini disebabkan oleh karena darah kotor, kekurangan vitamin K, efek dari zat-zat kimia dan faktor cuaca juga dapat memicu timbulnya penyakit eksim.

Ada dua jenis penyakit eskim, yakni eksim basah dan eksim kering.
  1. Eksim basah biasanya berair dan bercak memerah. Usia eksim basah relatif baru. Rasa gatal eksim basah ini lebih sering, karena aktivitas bakteri yang tinggi pula. Eksim basah juga lebih mudah menyebar, oleh karena itu penderita jangan sampai terlalu sering terkena air.
  2. Adapun eksim kering pada umumnya adalah jenis eksim atau gatal penebalan kulit tanpa disertai basahnya daerah gatal kulit tersebut. Eksim kering ini biasanya meyebarnya tidak terlalu cepat, berbeda dengan eksim basah. Eksim kering kecenderungan terjadi pada orang yang daya tahannya lebih kuat, jadi eksim tidak menyebar, hanya bertahan saja.

Lalu, bagaimana Cara Jitu Mengobati Penyakit Eksim Kering Atau Gatal di Kulit ?

Obat eksim kering atau obat gatal di kulit tradisional merupakan obat alami dan aman yang paling dicari dan menjadi perhatian menarik para penderita penyakit eksim kering guna mengatasi penyakit yang dialaminya agar tidak semakin memburuk atau menjadi parah dan bahkan menjadi penyakit kronis. Penyakit eksim merupakan penyakit yang ditimbulkan oleh peradangan yang terjadi pada kulit dan secara umum ditandai dengan adanya area kulit yang membengkak, memerah, dan terasa gatal-gatal. Penyakit gatal-gatal kulit eksim dapat disebabkan oleh adanya alergi terhadap bermacam-macam benda tertentu. Penyakit gatal-gatal kulit eksim ada yang jenis kering yaitu kelainan berupa lapisan tipis dasar kronis atau plak yang mengalami likenifikasi dan menyebabkan gatal-gatal.

Kegiatan penggarukan dan gejala peradangan yang terjadi dapat menimbulkan kelainan yang tidak berujung atau tidak memiliki pangkal yang disebut juga dengan lingkaran setan. Kondisi yang seperti demikian memang jarang sekali terjadi pada anak-anak, sehingga ada pengobatan yang khusus dan yang dianjurkan yaitu pemberian antihistamin, dan kortikosteroid ropikal atau intralesi. Penyakit tersebut merupakan penyakit yang paling sering dijumpai dalam dunia medis pada praktiknya sehari-harinya. Meskipun pada dasarnya penyakit eksim kering bukan penyakit yang mengancam keselamatan jiwa namun akan menyebabkan adanya distress pada penderitanya serta perasaan tidak berdaya dan frustasi di hadapan dokter yang berupaya memberikan pengobatan sehingga diperlukan obat eksim kering tradisional.

Faktor-faktor yang berperan penting dan merupakan beberapa faktor penyebab adalah faktor imunologik, genetik, dan psikogenetik. Makanan tertentu yang dikonsumsi serta perasaan stress emosional yang dialami dapat menyebabkan gejala yang menjadi semakin parah. Obat eksim kering tradisional dapat menggunakan ramuan bahan-bahan alami yaitu daun sirih, jari rimpang temu mangga, air perasan jeruk nipis, dan madu. Caranya yaitu dengan mengambil 6-7 helai daun sirih, 5-6 jari rimpang temu mangga, 2 sendok teh air perasan jeruk nipis, dan 2 sendok teh madu. Daun sirih dan rimpang temu mangga dicuci bersih lalu diiris-iris tipis kemudian direbus beserta 4 gelas air putih sampai menjadi 2 gelas air saja, lalu minum secara teratur.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar